-->

Apa Fungsi Gantungan Plastik Berisi Air di Warteg? Inilah Penjelasanya

Gantungan Berisi Air di Warteg

CekDisini.net - Warung Tegal atau biasanya akrab disebut dengan Warteg. Merupakan warung makan kelas menengah kebawah terbanyak se-Indonesia jadi bukan hanya ada di Tegal saja. Dimana-mana pasti sering ketemu warteg, entah itu di pinggir jalan, kompleks, perkantoran, tersebar luas deh pokoknya. Salah satu tempat favorit untuk ngilangin rasa lapar masyarakat Indonesia apalagi kalau pelayanan nya seperti foto diatas hehee. Juga, karena selain murah makanan yang ditawarkanpun beragam.

Dari warteg dan warung-warung sejenisnya pasti ada kesamaan diantara keduanya yakni punya gantungan plastik berisi air di sudut atau ditengah warung. Pasti kalian sering lihat deh. Sebenarnya apa sih fungsi dari gantungan air ini? apakah sebagai penglaris? ada yang berspekulasi mengenai hal itu, mereka menganggap bahwa air tersebut berkaitan dengan hal mistis sejenis penglaris.

Kantong Air di Warteg

Nyatanya hal ini tidak berkaitan dengan hal mistis sedikitpun. Gantungan air ini terlihat tidak penting bahkan disepelekan, tapi fungsinya penting banget loh sebenarnya. Jadi, tujuan dari itu semua adalah untuk mengusir lalat, seperti kata pepatah "Dimana ada warteg, pasti ada lalat". Nah, gantungan air ini meminimalisir kehadiran lalat itu di warung, tanpa gangguan dari lalat maka pelanggan akan merasa nyaman makan di situ.

Gantungan berisi air ini memang ampuh mengusir lalat, alasan ilmiahnya begini. Sekilas terlihat jika lalat punya sepasang mata tapi secara ilmiah para ilmuan menyimpulkan bahwa lalat memiliki 3000 sampai 6000 indra penglihatan. Dengan kemampuan melihat yang luar biasa ini lalat mampu melihat ke segala penjuru dengan mudah jadi tak heran jika lalat sulit ditangkap.

Selain itu, lalat juga memiliki 3 mata tambahan bernama ocelli yang terletak antara 2 mata utama. Ocelli ini memiliki fungsi yang mirip dengan kompas sehingga memudahkan lalat untuk terbang sesuai arah yang diinginkan. Akan tetapi, ocelli hanya mampu bekerja dengan baik saat berada dibawah sinar matahari. Sebaliknya, pada tempat yang kurang cahaya, ocelli tidak bisa berfungsi secara maksimal.

Disinilah peran penting dari kantong berisi air ini dibutuhkan. Air yang ada pada plastik berguna untuk membiaskan cahaya ke segala penjuru. Dengan begitu, bayangan yang ditangkap lalat adalah sebuah ilusi sehingga lalat akan bingung dan meninggalkan warteg. Hebatnya orang Indonesia, bisa menggabungkan hal ilmiah dengan kearifan lokal menjadi hal yang bermanfaat. [kaskus]

Semoga bisa menambah wawasan Anda.

0 Response to "Apa Fungsi Gantungan Plastik Berisi Air di Warteg? Inilah Penjelasanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel