-->

25 Tips Belajar Agar Persiapan Ujian Berhasil

Hal-hal yang perlu diingat untuk menghadapi persiapan ujian Anda

1. Tetapkan tujuanmu. Ini bisa menjadi topik pada satu waktu, bab, atau konsep. Memiliki tujuan sangat penting dalam hal akademisi.
2. Ciptakan lingkungan yang bebas kebisingan dan bebas gangguan untuk diri Anda sendiri. Anda tidak dapat fokus pada silabus Anda dengan ponsel Anda di samping.
3. Siapkan rutinitas. Rutinitas mingguan membantu Anda menjaga segala sesuatunya tetap pada jalurnya. Mempersiapkannya sesuai dengan tujuan pembelajaran Anda.
4. Jaga agar area belajar Anda tetap rapi. Lingkungan belajar Anda adalah cerminan dari pikiran Anda. Jika kacau, otakmu juga kacau. Jadi, buatlah hal-hal yang terorganisir dengan baik.
5. Pencahayaan yang baik sangat penting. Alih-alih membuat seluruh ruangan Anda menyala, buatlah meja belajar Anda menyala dengan benar. Lampu meja bisa menjadi pilihan terbaik. Ini membantu Anda tetap fokus.
6. Jangan mencoba untuk mencakup seluruh silabus pada saat itu. Pecah silabus atau kurikulum menjadi segmen-segmen yang lebih kecil dan fokuskan satu per satu.
7. Setelah Anda selesai dengan satu segmen, pindah ke yang lain. Pastikan Anda mengunjungi kembali segmen sebelumnya. Pengulangan dan revisi sangat penting.
8. Untuk mata pelajaran seperti fisika atau matematika, pelajari teorinya dan sekaligus memecahkan masalah. Hasilkan masalah Anda dan selesaikan jika perlu.
9. Pantau tingkat pemahaman Anda. Siapkan rubrik atau peta pikiran di mana Anda dapat menilai diri sendiri dan melihat di mana Anda berdiri dalam hal pemahaman.
10. Buat kamus. Ini berlaku untuk mata pelajaran apa pun (bahkan untuk matematika). Mintalah istilah dan kosa kata penting dan artinya dicatat dalam buku catatan terpisah.
11. Kunjungi kamus dari waktu ke waktu dan perbaiki kosakata yang Anda butuhkan sambil mempersiapkan aspek teoretis.
12. Gunakan warna yang berbeda. Anda dapat menyoroti topik, sub-topik, dan konsep penting Anda dengan pena dan stabilo berwarna berbeda. Ini ajaib bekerja keajaiban.
13. Jangan belajar terlalu lama. Belajar terus menerus untuk waktu yang lama tidak akan membantu Anda. Ia melakukan kebalikannya. Ini mungkin menghambat kemampuan Anda untuk berpikir dan memvisualisasikan.
14. Jangan hanya mengandalkan buku atau catatan Anda. Cobalah untuk menggunakan beberapa variasi sumber daya. Video, dokumenter, podcast, dll. juga bisa menjadi sumber yang bagus.
15. Memiliki istirahat kecil tapi konstan. Waktu istirahat sangat penting karena memberikan kesempatan bagi otak untuk merekonstruksi dan meremajakan.
16. Musik membantu. Berbagai penelitian ilmiah menunjukkan bahwa mendengarkan bentuk atau genre musik favorit Anda sambil belajar membantu Anda memahami konsep dengan lebih baik.
17. Gunakan model mental. Ada beberapa model mental di luar sana untuk belajar, memahami konsep tertentu, mempelajari fakta, dan menghafal informasi yang dapat Anda gunakan dan terapkan saat mempersiapkan ujian.
18. Minum banyak air. Tubuh Anda harus sehat agar dapat berpikir, merencanakan, dan melaksanakan dengan benar. Menjaga diri Anda tetap terhidrasi adalah bagian penting untuk melakukannya.
19. Memiliki pola makan yang baik. Ini mungkin terdengar sedikit tidak relevan tetapi diet yang tepat adalah penting. Anda tidak bisa belajar setelah perut kenyang dengan makanan yang penuh dengan karbohidrat. Makanlah dengan porsi yang lebih kecil tetapi bergizi dalam setiap interval waktu yang kecil.
20. Latihan. Berolahraga tidak hanya untuk kesehatan fisik Anda, tetapi juga untuk kesehatan mental Anda. Lakukan sesi olahraga ringan setidaknya sekali atau dua kali sehari. Percayalah, Anda secara mental merasa hebat setelah melakukan pemanasan fisik, siap untuk belajar dan memahami.
21. Jangan stres. Pada akhirnya, itu hanya ujian. Stres dan ketegangan dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan. Ini tidak baik untuk proses belajar Anda maupun persiapan ujian Anda.
22. Buat diri Anda tetap termotivasi. Motivasi itu penting dan terutama terkait dengan tujuan Anda. Terus ingatkan diri Anda berkali-kali mengapa Anda memulai.
23. Pahami pentingnya waktu dan kelola dengan tepat. Setiap detik berharga dan berusaha untuk tidak membuang waktu.
24. Jangan panik. Banyak siswa mengacaukan rutinitas dan jadwal belajar mereka dengan panik. Ini adalah ujian dan itu akan berlalu asalkan Anda tetap percaya diri.
25. Jangan, saya ulangi, jangan terlalu memikirkan konsekuensinya. Bekerja keras, persiapkan dengan baik, tetapi jangan fokus pada hasil. Fokus pada proses dan persiapan.

Itulah beberapa tips persiapan belajar untuk menghadapi ujian. Semoga bermanfaat!

0 Response to "25 Tips Belajar Agar Persiapan Ujian Berhasil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel