-->

Tips Ampuh Meraih Trending Youtube Terbaru Lengkap Beserta Studi Kasus

Tips Ampuh Meraih Trending Youtube Terbaru

Tips Ampuh Meraih Trending Youtube Terbaru - Bagaimana cara agar Video yang Kita Upload bisa masuk dalam Daftar Trending Youtube? Jawab nya pada posting ini, saya akan berbagi cara untuk meraih trending youtube sesuai pengalaman saya pribadi. Menjadi Trending di youtube yang merupakan situs berbagi video terbesar milik Google itu tentu menjadi kebanggaan sendiri. Video kita akan menjadi trend, mendapat interaksi baru yang akan membuat channel yang kita miliki bisa berkembang.

Nah pasti menyenangkan bukan menjadi trending youtube, bisa mendongkrak views juga subscribers tentunya. Namun tahukah kamu bahwa ada tips tersendiri untuk bisa menjadi trending di situs berbagi video terbesar ini. Berikut saya akan paparkan beberapa.

Tips Meraih Trending Youtube Terbaru dengan Studi Kasus


1. Persiapan Channel Youtube


Sebelum memulai upload, pastikan channel youtube yang digunakan merupakan channel yang sudah memiliki umur, artinya bukan channel baru. Channel yang bagus dan berpeluang meraih treding youtube adalah Channel yang sudah berumur cukup lama dan juga memiliki beberapa video dan interaksi. Tidak perlu banyak dan sampai tahap monetize asal channel sudah ada pengalaman saja.
Studi Kasus : Saya sendiri saat itu menggunakan Channel yang sudah berumur sekitar 10 Bulan dan memiliki 8 Video.

2. Persiapan Konten Video


Hal ini merupakan poin yang sangat penting, setelah channel sudah layak buatlah konten video yang segar  Cek berita dan informasi apa yang sedang viral saat ini kemudian jadikan konten untuk video youtube sehingga banyak orang yang mencari. Kemudian kemas kedalam sebuah video baru. Usahakan konten original jika terpaksa reuplaoder berpedoman lah pada creative common, dan jangan sampai melanggar copyright yang dapat membuat reputasi channel jelek.
Studi Kasus : Video yang saya upload saat itu terinpirasi dari berita fenomena yang sedang viral saat itu lalu saya cari info nya dan gabungkan beberapa video ke dalam sebuah video baru.

3. Proses Editing Video


Setelah konsep dan bahan video sudah siap tentunya adalah proses Editing, edit video dengan rapi dan saran saya Durasi video yang baik agar berpeluang masuk trending adalah 3-7 Menit, lakukan teknik editing yang sederhana dan bisa membuat viewers betah, tidak monoton dan rapi.
Studi Kasus : Saya menggabungkan beberapa video fenomena yang sedang viral, dimana ada scene yang saya record dari situs berita, gabungan beberapa video yang sudah ada, opening video yang sederhana dan suara bantuan dari mbak Google xD. Video yang saya upload berdurasi -+5 Menit.

4. Proses Upload ke Youtube


Selanjutnya tentu setelah selesai editing yaitu Uplaod ke youtube, upload secepat mungkin jangan ditunda. Begini, saat ada seperti kejadian yang sedang viral muncul buatlah konten dan uplaod secepatnya agar peluang trending semakin besar. Maksimal 3 Hari untuk hasil terbaik, isitilah nya fresh content. Berikut tips agar video yang di upload berhasil menembus Trending :
  • Berilah Judul video yang terkesan Heboh atau Hiperbola
  • Isilah Deskripsi yang lengkap dan jangan asal, Buat sesuai konten isi video sembari menaruh beberapa kata kunci di Deskripsi
  • Isikan Tags atau kata kunci yang bagus, pilihlah tag video yang sesuai. Semakin banyak semakin bagus, dalam pengisian tag atau kata kunci video yang baik jika baru pemula bisa intip bagaimana channel besar mengisi keyword. Poin ini akan saya jelaskan lebih lanjut di post selanjutnya
  • Pilihlah Thumbnail yang sedikit memancing atau istilahnnya Click Bait. Youtube memperbolehkan clickbait, walaupun thumbnail tersebut tidak ada di video itu tidak masalah. Buat thumbnail sendiri atau pilih thumbnail yang sekiranya dapat memancing orang untuk melihat.
Studi Kasus : Judul video saya cukup panjang dan sedikit lebay, Deskripsi juga lengkap mengenai isi video, tags yang saya gunakan terkait fenomena tersebut, sementara thumbnail yang saya pakai saya buat sendiri menggunakan Software Adobe Photoshop, Jadi thumbnail dan video tidak ada kaitanya.

5. Publikasikan Video yang di Uplaod


Setelah selesai uplaod share dan bagikan video ke sosial media seperti Facebook, Twitter, Google Plus dll. Bagikan ke Group yang ramai dan berpeluang banyak yang tertarik dengan video yang kita upload. Jika sebelum nya kamu mempunyai fanspage dengan banyak Likes itu lebih bagus lagi. Bisa di share di facebook fanspage tersebut.
Studi Kasus : Video saya share ke sosial media, fb twitter gplus tapi di facebook saya tidak share ke profil saya pribadi, Untuk share ke Grup saya menggunakan Akun khusus promosi ke beberapa group dan fanspage facebook yang saya kelola dan likes hanya sekitar 8k.

6. Tahap Optimasi Video Youtube


Setelah semua selesai adalah kemudian adalah tahap optimasi. Percaya tidak percaya dikarenakan semakin banyak orang yang mengupload video di youtube maka persaingan di search video youtube pun semakin ketat maka disini Google memberlakukan posisi pencarian Video Youtube seperti Mesin pencari Google. Mereka menggunakan algoritma untuk menyaring video mana yang pantas berada di atas. Sebenarnya ini opsional kamu boleh melakukan atau tidak, tetapi jika dilakukan maka nilai video kamu akan lebih baik lagi dan tidak menutup kemungkinan akan sering tampil di Video Rekomendasi, Video Terkait atau Hasil pencarian teratas Youtube. Sehingga akan lebih mudah menembus trending. Berikut tips optimasi dari saya :
  • Tambahkan Backlink ke video, sama seperti SEO lakukan backlink dari situs website luar seperti blog, forum atau sosbook yang mengarah ke video yang kamu upload.
  • Manfaatkan kolom komentar Youtube, komentar ke video yang saat ini sedang trend atau ke video youtubers yang baru upload video, jika komentar kamu banyak yang upvote maka itu juga bisa mendatangkan interaksi dan juga views video yang baru saja kamu upload
Studi Kasus : Semua optimasi diatas saya lakukan, dan Alhamdullilah berselang kurang dari 1 hari setelah upload video saya berhasil menembus trending youtube, ya walaupun hanya posisi terbaik ke 8 tapi saya sudah sangat bersyukur dan bangga.

Oke Mungkin cukup segitu saja tips yang bisa saya berikan berdasarkan pengalaman saya pribadi sebagai Youtubers yang juga sama baru Belajar. Tips ini sangat bermanfaat bagi channel baru dan ingin segera mendapat monetasi. Oh iya, Tips tidak berlaku untuk channel yang sudah besar. Mereka asal mengisi judul singkat aja kadang bisa Trending Hhee. Semoga Tips yang saya berikan bisa dimengerti dan bermanfaat.

Di Post selanjutnya saya akan membahas Tips Mengisi Tags Video Youtube dengan benar. Jadi tetap stay di blog ini ya. Sekian posting Tips Mudah dan Terbukti Meraih Trending di Youtube Terbaru Lengkap Beserta dengan Studi Kasus.

1 Response to "Tips Ampuh Meraih Trending Youtube Terbaru Lengkap Beserta Studi Kasus"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel